Teknik Pembesaran Ikan Di Keramba Jaring Apung



Budidaya Ikan : Teknik Pembesaran Ikan Di Keramba Jaring Apung
Pemeliharaan ikan-ikan laut di keramba jaring apung yang dimulai dari benih berukuran relatif kecil, memerlukan beberapa tahapan. Tahapan ini antara lain berguna untuk menghindari tingkat moralitas (kematian) yang biasanya tinggi. Berikut ini tahapan-tahapan yang harus diperhatikan yaitu:

Pendederan
Keramba Jaring Apung
Keramba Jaring Apung
Pendederan adalah tahap pelepasan atau penyebaran benih ke tempat pembesaran sementara. Umumnya benih ikan-ikan laut mulai dipasarkan untuk dibesarkan setelah berumur antara 30-45 hari, yaitu saat berukuran 2 cm – 3 cm, dengan bobot rata-rata 1,2 g. Pada umur  ini biasanya ukuran benih tidak seragam, dan ikan-ikan karnivora masih bersifat kanibal dan cenderung berkumpul di suatu tempat (bergerombol). Mengingat tingkat kematiannya yang masih tinggi, maka pemeliharaan benih (pendenderan) harus dilakukan secara khusus dibak-bak terkontrol, tambak, atau di KJA.
Padat penebaran benih ikan di KJA adalah 300-500 ekor per keramba atau 80 ekor/m3. Kemudian setelah masa pemeliharaan 1,5-2 bulan, tingkat kepadatan dikurangi menjadi 150 ekor per keramba dan dipertahankan mancapai 2-3 bulan. Untuk ukuran pakan pada tahapan ini disesuaikan dengan lebar bukaan mulut ikan.

Penggelondongan
Stetelah 2-3 bulan pendenderan, benih ikan akan mencapai bobot 20 g- 40 g per ekor. Karena itu, benih dapat di pindahkan ke dalam keramba penggelondongan yang disiapkan.
Pada tahap ini, ikan-ikan karnivora diberi pakan berupa ikan rucah segar yang dipotong atau dicacah  kecil-kecil sesuai dengan lebar bukaan mulut ikan. Untuk ikan selain karnivora diberika pelet yang mengandung protein minimal 20%.

Pembesaran
Pada saat ini ikan dipindahkan ke keramba pembesaran. Pada tahapan ini juga ikan-ikan karnivora, pakan yang diberikan berupa ikan-ikan rucah segar atau pelet basah dan pelet kering.
Pada tahapan pembesaran ini, juga dapat ditambahkan vitamin yang diberikan seminggu sekali dengan cara dicampurkan pada pakan.

Perawatan keramba jaring apung
Keramba Jaring Apung (KJA) perlu dirawat dengan baik sehingga ngedukung usaha peningkatan produksi. Mata jaring yang kecil akan memudahkan organisme kecil menempel di jaring dan akan menghambat pertukaran air. Untuk mengatasinya,  keramba harus diganti. Biasanya jaring keramba berukuran mata jaring kecil (1 inci), membutuhkan waktu ganti 2 minggu , sedangkan yang 2 inci, membutuhkan waktu ganti antara 3-4 minggu.


Pertumbuhan dan konversi pakan
Pengetahuan dasar yang sangat dibutuhkan bagi pelaksanaan budidaya ikan dalam hubungannya dengan hasil data pertumbuhan. Laju pertumbuhan merupakan peningkatan dalam satuan panjang atau bobot per unit waktu. Data pertumbuhan yang umum dipakai untuk perhitungan yaitu bobot. Hal ini dimaklumi karena hasil panen dan pemasaran dinyatakan dalam bobot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar