Budidaya Ikan : 7 Sistem Budidaya Ikan


Budidaya Ikan : 7 Sistem Budidaya Ikan
Sistem Polikultur
Sistem polikultur merupakan sistem budidaya ikan yang memanfaatkan seluruh organisme sebagai pakan alamiah ikan yang terdapat pada kolam. Pada Sistem polikultur ini,  Dalam suatu kolam dipelihara berbagai jenis ikan yang membutuhkan jenis makanan yang berbeda sehingga setiap jenis ikan tidak akan bersaing dalam mencari ikan.

Budidaya Ikan : 7 Sistem Budidaya IkanBudidaya Ikan : 7 Sistem Budidaya Ikan

Masalah yang sering dihadapi pada sistem polikultur ini adalah penentuan kombinasi spesies ikan yang paling efektif dalam memanfaatkan makanan alamiah yang tersedia di kolam.
Sistem Air Deras

Sesuai dengan namanya, kolam ini memanfaatkan aliran air yang relatif deras untuk mempercepat pertumbuhan ikan yang dipelihara.


Sistem air deras ternyata telah berkembang dengan pesat. Ini terlihat dengan dikembangkannya metode budidaya  lain yang mempunyai sistem serupa, yaitu sistem air deras. Contohnya yang paling terkenal dari usaha budidaya dengan sistem air deras adalah kolam air deras, kolam drum, dan kolam parit.

Sistem Kurungan Terapung
Sistem budidaya ikan dalam kurungan terapung merupakan pengembangan dari metode budidaya ikan di dalam keramba, yaitu jenis keramba di permukaan air.
Sistem Keramba

Sistem keramba adalah sistem budidaya ikan yang dilakukan dalam suatu wadah yang di batasi oleh bambu atau jaring kawat.
Sistem Resirkulasi
Sistem resirkulasi yaitu sistem budidaya ikan yang memanfaatkan air kolam secara berulang-ulang sehingga dapat menghemat pemakaian air.
Sistem Perikanan Terpadu
Sistem perikanan terpadu merupakan alternatifyang saat ini sedang banyak diperbincangkan. metode ini memadukan budidaya ikan dengan usaha pertanian, peternakan, industri, dan gabungan perikanan dengan ketiga usaha tersebut didalam aeral yang sama.
Sistem Minapadi
Sistem minapadi adalah sistem pemeliharaan ikan yang dilakukan bersama padi di sawah. Umumnya hanya digunakan untuk memlihara ikan yang berukuran fingerling atau menumbuhkan benih ikan yang akan dijual sebagai ikan konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar